Space Ads close

Sponsor Ads


Recent Posts

Jumat, 06 April 2012

KULIAH UMUM Himpunan Mahasiswa Mesin IST AKPRIND "rancang bangun mesin"


Jum'at 20 April 2012
Dalam dunia modern seperti saat ini kemudahan dan efisiensi  tenaga serta waktu menjadi pertimbangan manusia dalam melakukan aktivitas. Di dorong denagn perkembangan teknologi yang semakin pesat tersebut serta kebutuhan manusia yang semakin beragam, mendorong manusia mengembangkan teknologi yang sudah tercipta dan menemukan hal – hal yang baru.
Harga minyak dunia yang sekarang sudah melambung tinggi dan lama-kelamaan bahan bakar fosil tersebut juga akan habis dan tidak dapat di perbaharui, menuntut para cendekiawan teknologi muda untuk bersaing dan mencari  sumber energy alternative ( SEA) atau energy terbarukan yang bisa di gunakan untuk mengganti bahan bakar fosil tersebut.
            Sebenarnya banyak hal yang bisa di kembangkan dalam menciptakan teknologi alternative seperti; solar energy, energy anging, hydropower, energy biomassa, hydrogen , energy panas bumu dan energy gelombang laut.
            Berawal dari hal- hal tersebut Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta mengadakan Kuliah Umum dengan tema “ rancang bangun mesin” yang merupakan langkah mahasiswa dalam mengembangkan inovasinya dan memberikan pemahaman mahasiswa tentang bagaimana membuat energy alternative yang efisien dan ramah lingkungan, serta mahaiswa nantinya di tuntut untuk meranacang dan menciptakan sebuah energy terbarukan yang bisa di gunakan secara komersial.
KULIAH UMUM yang di adakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.

Acara ini di buka lansung oleh bapak  Joko Susetyo, S.T., M.T. selaku pembantu dekan II Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta. 
Kuliah umum ini  mengambil tema utama tentang perancangan mesin  yaitu  Rancang Bangun Mesin”
dengan pembicara bapak Hadi Saputra , ST,.M.Eng dosen teknik mesin Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dengan mengambil sub tema " Morfologi perancangan kendaraan mikro " mendeskribsikan bagaimana morfologi kendaraan mikro yang yang bisa di gunakan dengan tingkat keamanan / safety yang tinggi serta efisiensi bahan bakar.
Sedangkan pembicara ke dua di sampaikan oleh bapak Ir.Adi Purwanto, MT yang juga mejabat sebagai dosen teknik mesin Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta yang  mengambil sub tema 
"Perancangan dan pengembangan mesin energi alternatif " 
.yaitu menggabungkan antara perancangan mesin serta energi alternatif baru pengganti bahan bakar fosil. Beliau memberi contoh micro car sebagai alternatif kendaraan yang ramah lingkungan serta hemat energi.
Selain merupakan agenda Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai wujud dari kepedulian terhadap sumberdaya mahasiswa
Perlunya upaya-upaya nyata untuk dapat membina, mengembangkan serta memajukan kreatifitas yang ada pada diri generasi-generasi penerus bangsa
Perkembangan sains dan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi ini menuntut usaha penguasaan dan pengetahuan terutama dalam mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas sebagai sarana pendukungnya yang pada akhirnya mahasiswa dapat berkompetensi dalam dunia kerja dan masyarkat.

Maksud dan tujuan di selenggarakannya Kuliah Umum " Rancang Bangun Mesin " ini adalah 
selain menambah wawasan dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa di bidang teknologi serta
 menyadari pentingnya usaha untuk menyelaraskan dunia pendidikan dengan dunia industri sebagai satu rantai yang kuat untuk mendukung laju industri, yang tentunya  diperlukan tanggung jawab yang besar. Mengembangkan dan mencetak tenaga-tenaga ahli khususnya Teknik Mesin yang bertaqwa, handal, bermutu dan berkualitas serta profesionalisme yang tinggi dalam mengembangkan visi dan misi perguruan tinggi sebagai tempat dimana dia belajar dan menimba ilmu.Menggalang keakraban dan kejasama antar Mahasiswa Teknik Mesin Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dengan masyarakat luas.


Tidak ada komentar:

agung nugroho. Diberdayakan oleh Blogger.