Space Ads close

Sponsor Ads


Recent Posts

Jumat, 20 April 2012

HYDROELECTRIC POWER PLANT


HYDROELECTRIC POWER PLANT
(project presentation)


Proyek ini diperkirakan menelan biaya sebesar 230 juta USD ( Rp. 2,1 triliun ) dengan masa proyek 30 tahun untuk Semangka HEPP dan 25 tahun untuk Semung setelah seluruh kontruksi terpasang. Dari proyek ini akan menyerap tenaga kerja sebanyak 185,470 orang selama proses penyelesaian konstruksi.
Provinsi Lampung banyak memiliki sungai-sungai (way) besar yang memiliki debit air yang cukup, seperti Way Mesuji, Way Tulang Bawang, Way Seputih, Way Jepara, Way Sekampung, Way Semangka (Way Semaka), Way Semoung, yang dapat dimanfaatkan untuk energi mikrohidro, untuk menghasilkan energi listrik, sebagai salah satu alternatif pemenuhan energi listrik Provinsi Lampung, guna memenuhi kebutuhan energi listrik yang selama ini masih dirasa kurang seiring dengan dinamika pembangunan di Provinsi Lampung.
Beberapa rencana pengembangan untuk Hydro Electric Power Plants ( HEPP) dalam waktu dekat ini adalah Way Semangka dan Way Semoung di Kabupaten Tanggamus, ini adalah tindak lanjut dari ditandatanganinya memorandum of agreement (MoA) Gubernur Lampung, Bupati Tanggamus dan Bupati Way Kanan dengan PT. Tanggamus Electric Prower ( PT. TEP) belum lama ini. Dari total tujuh MoA yang ditandatangani, dua di antaranya adalah proyek pembangunan PLTA Mikrohidro di Kabupaten Waykanan yakni proyek PLTA Mikrohidro Way Besai, PLTA Mikrohidro Way Umpu. Sementara di Kabupaten Tanggamus, proyek PLTA Mikrohidro Way Semangka dan Way Semuong.
Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Lampung, disampaikan oleh Tenaga Ahli dari PT. TEP dalam Presentasi Project, Selasa 31 Januari 2012, bahwa di Kabupaten Tanggamus dapat di terapkan proyek pembangunan hidroelektrik pada Way Semangka dan Way Semoung yang terbagi dalam 3 proyek, yaitu Semangka HEPP, Semung-1 HEPP dan Semung-2 HEPP. Dari ketiga HEPP tersebut dapat dihasilkan sebesar 73,8 MW yang terdiri atas Semangka HEPP kapasitas terpasang 56,0 MW ( 294.602 MWh/tahun ), Semung-1 HEP kapasitas terpasang 9,8 MW ( 47.226 MWh/tahun ) dan Semung-2 HEPP kapasitas terpasang 8,0 MW ( 38.341 MWh/tahun).

Tidak ada komentar:

agung nugroho. Diberdayakan oleh Blogger.