Space Ads close

Sponsor Ads


Recent Posts

Rabu, 08 Februari 2012

Arti Sebuah Kesuksesan


 

Jika berbicara tentang arti kata sukses, tentu akan banyak sekali definisi untuk menjelaskannya. Karena setiap individu mempunyai cara pandang yang berbeda dalam menilai arti sebuah kesuksesan.

Para motivator dan penulis buku Best Seller tentang kesuksesan pun berbeda-beda dalam mengungkap makna kesuksesan.

Jim Rohn mengatakan, "Success is something you attract by the person you become."
(Kesuksesan adalah sesuatu yg anda tarik/dapatkan oleh diri anda yg layak untuk mendapatkannya).

Bob Dylan mengatakan, "A man is a success if he gets up in the morning and gets to bed at night, and in between he does what he wants to do."
(Seseorang bisa dikatakan sukses dalam hidupnya ini bila dia bisa bangun di pagi hari dan tidur di malam hari dan di antara kedua waktu itu dia bisa melakukan hal yang dia ingikan dan sukai).

Herman Cain mengatakan, "Success is not the key to happiness. Happiness is the key to success. If you love what you are doing, you will be successful."
(Kesuksesan bukanlah kunci dari kebahagiaan. Sebaliknya kebahagiaan adalah kunci dari kesuksesan. Bila kau menyukai apa yang kau lakukan dan merasa bahagia melakukannya, maka kau pasti sukses).

Sementara menurut kamus bahasa Indonesia, memaknainya dengan sederhana. Suksesdidefinisikan dengan Berhasil atau Beruntung, Kesuksesan didefinisikan dengan Keberhasilan atau Keberuntungan.

Dari perbedaan pandangan tersebut, maka arti kesuksesan bisa di kategorikan menjadi dua bagian. Antara lain:

1. Outside Labeling (Pandangan dari luar atau orang lain).

Penilaian sukses menurut orang lain terhadap seseorang ini biasanya dinilai berdasarkan 3 faktor, yaitu:
  • Wealth (Kemakmuran/Kesejahteraan).
    Seseorang dinilai sukses ketika dia memiliki rumah besar, mobil mewah, perhiasan berlimpah, hewan ternaknya banyak, posisi karir yang bagus dan atribut kekayaan lainnya.
  • Health (Kesehatan).
    Kesehatan juga menjadi tolak ukur orang lain dalam melihat kesuksesan seseorang. Percuma seseorang menjadi kaya raya sementara dia tidak punya keturunan, hidupnya sering dilanda sakit-sakitan dan mengalami stres yang tinggi.
  • Fame (Ketenaran).
    Selebritis dan tokoh terkenal sering dikatakan sukses karena ketenarannya. Karena mereka dianggap mampu membuat diri mereka diidolakan banyak orang, khususnya para penggemarnya.

2. Inside Labeling (Pandangan menurut diri sendiri).

Orang menganggap dirinya sukses ketika dia telah berhasil mencapai apa yang menjadi keinginan dan harapannya. Entah itu menjadi juara dalam lomba 17-an, menduduki rangking 3 besar di sekolah, mampu melanjutkan pendidikan hingga S1, mampu membelikan anak dan istrinya baju baru, terpilih sebagai karyawan terbaik, berhasil mendapatkan hati pria/wanita pujaannya dan sebagainya.


Menurut saya pribadi.. arti sukses itu sama dengan cinta. Tidak bisa diungkapkan dengan kata, tidak bisa dilihat dengan mata, namun bisa dirasakan dalam hati. Setiap orang yang dipenuhi dengan cinta, akan merasa hari-harinya begitu berarti dan menyenangkan. Sama halnya dengan orang yang sukses, setiap hari dia akan selalu ceria dan merasa bahagia.

Jika sukses menurut arti bahasa didefinisikan dengan berhasil atau beruntung, sebetulnya tidak perlu bingung untuk mencari arti kata sebenarnya. Karena Rosululloh sendiri pernah bersabda, "Barang siapa yang keadaan amalnya hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia terlaknat. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung." (HR. Bukhari).

Dan Rosululloh juga menegaskan di hadist yang lain, "Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain." (HR. Thabrani dan Daruquthni).

Jadi sobatku sekalian, jangan pernah berkecil hati. Karena pada dasarnya kita semua bisa dikatakan orang sukses, karena mampu melewati kehidupan hingga saat ini. Saya yakin semua dari kita pernah merasakan kebahagiaan yang mengesankan, ketika berhasil mencapai apa yang menjadi harapan kita. Orang yang bisa bahagia, biasanya adalah orang yang pandai bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Tinggal kita tingkatkan kesuksesan kita sedikit demi sedikit, agar rasa bahagia juga bisa dirasakan oleh orang lain, khususnya orang-orang yang kita cintai.

Tidak ada komentar:

agung nugroho. Diberdayakan oleh Blogger.