Rabu, 25 April 2012

Tumbuhan Lontar Sumber Energi Alternatif “Etanol”


Perubahan iklim merupakan permasalahan global yang cukup serius yang dapat merusak perjalanan pembagunan berkelanjutan. Perubahan yang cukup signifikan ini, membuat pemerintah, masyarakat sipil dan komunitas meningkatkan perhatian untuk mengantisipasi efek perubahan iklim dan mencari strategi perubahan dan adaptasi pada pengaruh yang terjadi.
Salah satu upaya untuk mengontrol emisi gas rumah kaca adalah pengurangan konsumsi energi dan pergantian bahan bakar yang rendah emisi hidrokarbon. Oleh sebab itu, pencarian sumber energi yang dapat diperbaharui dan dapat mengurangi emisi hidrokarbon menjadi suatu perhatian dan pilihan, yaitu etanol.
Etanol adalah salah satu sumber energi yang dapat ditemukan pada semua mahluk hidup yang biasa disebut bio-etanol. Produksi Etanol menjadi alternatife yang baik dikarenakan etanol merupakan campuran bahan bakar bensin motor yang dapat menaikkan nilai oktan. Apabila nilai oktan rendah dan panas penguapan tinggi dapat menganggu pengapian pada mesin diesel. Maka untuk meningkatkan pengapian, pemijar busi dan penghidup stater digunakan bahan bakar degan campuran etanol.
Salah satu tumbuhan yang berpotensial sebagai bahan baku pembuatan etanol adalah Tumbuhan Lontar. Untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan lontar, perlu upaya diversifikasi pola konsumsi dengan teknologi yang tepat guna yang memadukan kegiatan ekonomi dan kelestarian yang meliputi seluruh kawasan habitat lontar.
Beberapa ciri-ciri tumbuhan lontar dari fisiknya :
NoFisikKet
1Akar dan Batang
  • Berperawakan tinggi, tegak, berbatang tunggal berbentuk silindiris.

  • Tinggi mencapai 25 m – 30 m

  • Diameter batang 40 cm – 50 cm

  • Lontar Muda mempunyai empelur yang masih lunak.
2Daun
  • Daun menyirip ganjil yang tersusun melingkar 25 – 40 helai berbentuk kipas.

  • Helai bewarna hijau agak kelabu

  • Lebar 1 m sampai 1,5 m.

  • Panjang tangkai daun tampak berkayu dengan warna coklat atau hitam.
3Bunga dan buah
  • Panjang bulir antara 30 cm- 60 cm

  • Diameter 2 cm sampai 5 cm

  • Satu tandan terdapat 4 sampai 10 mayang

  • Setiap pohon menghasilkan 200 sampai 300 buah setiap tahun.
Perkiraan  pertumbuhan tumbuhan Lontar
Dinas Perkebunan Nusa Tenggara Timur memperkirakan jumlah populasi pohon lontar ada sekitar 4.000.000 pohon yang terdiri dari tumbuhan muda ( kurang 10 tahun) sebanyak 950.000 dan tumbuhan dewasa ( lebih dari 10 tahun) sebanyak 3.050.000 pohon.
Di daerah Sulawesi selatan, Lontar tumbuh secara sporadis dan bergerombol. Dan tumbuh sekitar 10 % diareal tanah kering, dan dalam setiap hektar terdapat sekitar 5- 120 pohon lontar dengan tingkat umur yang berbeda-beda atau rerata 28 pohon / ha. Total lahan populasi tumbuhan sekitar 250.000 – 300.000 pohon.
Potensi produksi nira lontar di unit Nusa Tenggara Timur dengan massa sadap 184 hari menghasilkan sekitar 726.84 liter. Apabila produksi ini dikalikan dengan jumlah pohon yang disadap sebanyak 1.516.500 pohon maka total produksi nira 1.102.252.860 liter. Potensi ini merupakan komoditas strategis untuk dikembangkan sebagai sumber bahan baku pengembangan agro industri yang dapat menunjang pendapatan asli daerah.
Budidaya Lontar :
Pembiakan lontar dapat dilakukan dengan 2 cara yakni :
  1. Pembiakan lontar dikembangbiakan secara alamiah dimulai dengan jatuhnya buah matang, kemudian biji akan berkecambah dengan kondisi terkubur dalam tanah. Biji berkecambah setelah 45 – 60 hari. Pada umur 9 sampai 12 bulan, daun semu muncul ke permukaan tanah. Daun semu membentuk daun sejati dan bertangkai. Sejalan dengan pertumbuhan daun, bagian dasar tangki daun lambat laun akan membentuk batang. Bagian batang terbentuk setelah berumur 6 tahun- 7 tahun

  2. Secara Konvensional perbanyakan lontar dilakukan dengan mengecambahkan biji di persemaian. Media kecambah terdiri dari campuran tanah gambut dan serbuk gergaji dengan perbandingan 1 :1, dan dikondisikan dengan pH 6,5. Sebelum dikecambahkan, buah lontar direndam air selama 2 minggu lalu dibersihkan. Kemudian biji disemaikan 25 cm sampai 30 cm, lalu ditutup dengan media dan dijaga ditempat lembab serta cukup memperoleh sinar matahari. Semai dipindahkan kedalam polybag berisi media tanah diberi kompos dan kapur ( 50 : 45 :5). Bibit dapat ditanam ke lahan setelah minimal 6 bulan tumbuh dalam polybag.
Setelah dilakukan pembibitan, hal yang dilakukan setelahnya adalah :
Pembersihan Lahan : Pembersihan lahan yang ditumbuhi perdu atau semak  dibersihkan memotong bagian  pangkal hingga bersih kemudian dilakukan pengamatan profil tanah.
Pengukuran plot penanaman dan penganjiran :
  • Plot penanaman yang efektir berukuran 100 m x 100 m dengan jarak antar plot penanaman adalah 10 m.

  • Mahkota mempunyai lebar sekita 5 m, sehingga jarak tanam 3 m x 8 m sistem baris. Dengan jarak 3 m didalam baris, dan 8 m antara baris maka dalam 1 ha dapat ditanam lontar  ± 396 pohon. Apabila menggunaka ukuran 3 m  x  8 m sistem gergaji yaitu berselang seling, maka dalam 1 ha dapat ditanam lontar lebih banyak ±600 pohon. Setelah pengukuran dilakukan, setiap titik ajir dipasang tiang ajir.

  • Pembuatan logam tanaman.Pada setiap titik ajir digali lobang tanam berukuran 20 cm x 20 cm x 30 cm menggunakan alat penggali tanah. Dalam pembuatan lobang tanam, hasil bagian dipisahkan dari tanah lapisan bawah agar penyesuaian kondisi tempat tumbuh lebih cepat.

  • Penanaman, lobang ditanam selesai dibuat, bibit lontar diadalam pollybag diangkut ke lapangan.
Pembuatan etanol :
Unsur dalamcairan Nira adalah sbb :
  1. Derajat Keasaman (pH)          : 6,2 – 7,2

  2. Kadar air                                 : 75-90 %

  3. Kadar sukrosa                                     : 8 – 21 %

  4. Gula invert                              : 0,5 – 0,10 %
Komposisi dari unsur tersebut, akan merupakan media yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme seperti bakteri, jamujr dan ragi. Ketiga mikroorganisma tersebut menguraikan sakaraosa yang terdapat pada nira menjadi glukosa dan fruktosa, kemudian diuraikan lagi menjadi etanol.
Data dari penelitian ini membuktikan bahwa nira lontar secara fermentatif dengan teknik penyulingan dan penambahan pengfiksasian dapat menghasilkan dan meningkatkan kadar kemurnian etanol. Upaya peningkatan perolehan etanol membuka peluang bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteran..
Secara sederhana proses pembuatan etanol dimulai :
  1. Pengumpulan Nira : Nira yang masih segar dan baik disaring dengan menggunakan kain saring dan dimasukkan ke tungku fermentasi. Selama proses fermentasi, diusahakan udara yang masuk kedalam tangki seminimal mungkin.

  2. Proses Fermentasi  berlangsung secara spontan atau alami. Pembentukan etanol terjadi pada hari ke 2 dan ke 3, dimana gula dipecah oleh enzim menjadi etanol dan karbondioksida.

  3. Setelah proses fermentasi, nira dikeluarkan dan disaring melalui pintu pengeluaran yang bertujuan memisahkan dan membuang kotoran seperti protein, lemak, amplas dan zat warna.

  4. Sebelum dikemas, arak dipastiurisasi terlebih dahulu agar pada suhu 70 °C lalu dimasukkan kedalam botol yang disterilkan lebih dahulu.
Nilai Ekonomi “Etanol” dari Nira Lontar :
  1. Produksi nira lontar per pohon sangat bervariasi tergantung pada kesuburan, keadaan musim, frekuensi dan waktu penyadapan. Dari hasil pengamatan jumlah mayang yang disadap bergam mulai dari 1 -5 mayang per pohon per hari dengan produksi nira rata-rata 3,5 liter per hari. Bila jumlah pohon yang disadap petani rata-rata 30 pohon per hari, maka jumlah nira yang dihasilkan kurang lebih 105 liter. Harga nira segar adalah sekitar Rp. 250 per liter, maka diperoleh pendapatan setiap hari sebesar Rp. 26.250 atau 787.500 per bulan dengan melibatkan kurang lebih dua tenaga kerja suami istri.

  2. Kemudian apabila nira diolah menjadi gula ( cair) dengan cara sederhan nira segar dimasak 1-3 jam, sejumlah nira segar 105 liter dapat menghasilkan kurang lebih 43 botol gula cair ( 1 botol = 625 ml). Harga jual gula cair berfluktuasi menurut musim, pada musim panen ditingkat petani sebesar Rp. 800 per botol, maka diperoleh pendapatan setiap hari sebesar Rp. 34.400 atau Rp.1.032.000 per bulan. Nilai tambah diperoleh produk gula cair sebesar Rp. 550 per hari atau  Rp. 16.500 per bulan.
Pasar Etanol dan hubungannya dengan antar produk lainnya :
  1. Etanol terbanyak dipakai sebagai bahan bakar adiktif pada kenderaan bermotor dan mesin, misalnya bensin premium yang memiliki angka oktan 88 dicampur dengan etanol seperti : pertamax, karena etanol memiliki nilai angka otan 117. Perbandingan campuran etanol dan bensin premium adlah 1 :9., dimana jika 100 ml etanol dicampur dengan 900 ml bensin premium menjadi 10000 ml bensin etanol, maka angka oktan menjadi 10 % x 117 + 90% x 88 = 90,9 atau mendekati pertamax ( standar bahan bakar bensin yang digunakan di eropa).

  2. Sebagai pelarut dan sintesis senyawa lain.

  3. Sebagai antiseptic

  4. Sebagai penangkal racun.
Dari banyaknya manfaat etanol tersebut, maka dapat membuka peluang pasar yang sangat luas dan tantangan bagi pengembangan potensi nira lontar sebagai bahan dasar etano

Intip Taksi-taksi Unik di Dunia


Sarana transportasi umum seperti taksi menjadi salah satu kendaraan favorit para turis mancanegara di beberapa negara berkembang. Untuk itu, banyak perusahaan taksi dan pemerintah bekerjasama mendesain taksi menjadi lebih unik.

Dilansir Automotto, Selasa 24 April 2012, taksi-taksi unik ini diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangkan pelancong.

Tak hanya memiliki desian yang unik, taksi-taksi ini juga dilengkapi kecepatan tinggi, fitur mewah di dalamnya, dan ramah lingkungan. Berikut daftar lengkap 10 mobil taksi terunik yang ada di berbagai negara versi Automotto:

1. Coco Taksi
Model taksi ini dapat dijumpai di Havana, Kuba. Taksi roda tiga ini dikenal dengan sebutan Coco taksi. Balutan bodinya dibuat dengan ribuan gambar, yang membuat penumpangnya merasa senang. Meski desain body terbuka dan banyak debu masuk ke dalamnya, namun tetap menyenangkan.

2. Taksi Air
Taksi ini menyajikan kenyamanan ketika melintas di sungai kota New York. Perjalanan yang dilakukan tentu akan terasa lebih menyenangkan terutama bagi para pelancong di kota super sibuk ini.





3. Vochos
Taksi dari VW Beetle ini digunakan oleh warga Meksiko dengan sebutan Vochos oleh penduduk setempat. Mobil kecil ini digunakan seiring dengan program ramah lingkungan serta kenaikan harga bahan bakar. Beetle memberikan pengalaman berkendara dengan tampilan yang lucu.

4. Taksi Lamborghini
Pemandangan yang jarang ditemui ketika melihat supercar digunakan untuk Taksi. Lamborghini taksi dapat ditemui di Kanada. Taksi ini digunakan untuk mengantar birokrat dan tamu-tamu resmi. Tampilan taksi ini begitu keren dan dinamis untuk mereka yang ingin merasakan pengalaman menggunakan supercar.

5. Taksi Porsche Cayenne
Bila ingin menaiki taksi ini, haruslah menjadi orang yang sangat penting. Pasalnya, taksi khusus tamu VIP ini menjadi transportasi umum di Moskow, Rusia. Bila Anda melihat mobil ini, pasti ingin merasakan perjalanan tanpa memikirkan jarak yang ditempuh.



6. Taksi Udara
Bila ingin melakukan perjalanan jarak jauh melalui udara, silakan mengunjungi Florida, Amerika Serikat. Anda bisa menjadi penumpang yang melakukan perjalanan di dalam sebuah jet. Namun, butuh kocek yang dalam untuk dapat menyewa taksi jenis ini.

7. Taksi Hummer
Ini adalah taksi di wilayah Texas yang siap melintasi wilayah padang pasir dan daerah menyeramkan lainnya. Ini bukti bahwa taksi Hummer memberikan kenyamanan dan kecepatan dalam bepergian. Taksi ini cocok untuk turis dan penduduk lokal di Texas yang membutuhkan kecepatan sampai tujuan.



8. Taksi Tenaga Matahari
Taksi ini menggunakan tenaga matahari sebagai sumber tenaganya. Seorang guru di Swiss, ingin membuat model taksi yang dapat digunakan di seluruh dunia. Mobil ini sama sekali tidak menggunakan bahan bakar konvensional dan dapat menampung tiga orang.

9. Divine Taksi London
Taksi ini memiliki desain paling gaya untuk berkeliling kota London. Sesuai dengan namanya, taksi ini memiliki eksterior yang memiliki desain menarik. Setiap penumpang akan terasa menyenangkan bila berada di dalamnya.

10. Taksi Peugeot 406
Bagi Anda yang pernah menyaksikan film terkenal asal Prancis, Taxi, Anda pasti tidak asing dengan desain pada taksi peugeot 406 ini. Dengan desain roda tank, taksi kuat ini mampu melintas di segala kondisi jalan di Eropa.


• VIVAnews   |   Share :  

Begini Wujud 10 Sepeda Motor di Masa Depan


Produsen otomotif di dunia terus memamerkan rancangan produk-produknya yang digadang-gadang akan menjadi ikon kendaraan di masa mendatang, tak terkecuali sepeda motor

Ramah lingkungan dan irit menjadi dua syarat utama dari sepeda motor di masa depan. Dari beberapa motor konsep yang ditawarkan memang memiliki desain yang futuristik. Tak ketinggalan, teknologi yang diusung juga kian canggih.

Motor-motor ini juga mengandalkan tenaga listrik, sebagai solusi sekaligus tindakan menyelamatkan ketersedian bahan bakar minyak (BBM).

Mau tahu seperti apa saja bentuk motor-motor ini? Situs otomotif Automotto, merangkum 10 sepeda motor yang kelak akan digunakan masa depan. Berikut daftar lengkapnya:

1. Frog eBike concept 2012
Motor listrik dengan desain 'kodok' ini mengusung desain tradisional layaknya motor konvensional yang sudah ada. Motor ini menggantikan bahan bakar minyak menjadi energi listrik.

Tampilan motor dengan tenaga baterai ini memiliki layar LED pada instrumen panel, kemudi fly by wire, dan kanopi untuk menggantikan fungsi helm dari segi keselamatan.

2. Honda Oree Electric Motorcycle Concept
Motor listrik ini merupakan hasil karya mahasiswa Jerman, Nike Albertus dan Andre Look. Motor listrik sport ini memiliki tenaga 90 hp, torsi 125 lb/ft dan kecepatan maksimum 190 km/jam.


3. AER Racing Motorcycle
Andre Federico Look (AER) sebagai desainer motor listrik dengan tenaga 143,5 kW. Motor balap yang menggunakan mesin listrik berukuran kecil yang bobot 4,5 kg. Tak ketinggalan fitur pengurangan tingkat gesekan pada ban belakang.

4. BMW E 100R
Motor listrik dengan tingkat emisi nol ini, menargetkan pasar yang besar dengan harga terjangkau. Desainnya cukup ringkas, memiliki rangka bodi ringan dan mesin  kuat. BMW E 100R memiliki tenaga 107 hp dan torsi 97 lb/ft. Posisi baterainya terletak di dalam frame bodi.

5. VertiGo Electric Motorcycle
Motor balap listrik karya Maarten Timmer ini menjanjikan suara motor yang hening, torsi tinggi, kencang, emisi rendah serta mampu menempuh jarak 100-150 km. Torsi motor ini belum diumumkan, namun dipastikan sangat cepat.

6. Amplio Electric Motorcycle
Sebastian Tymoczko menyematkan motor listrik karyanya ini dengan listrik berdaya 10 kWh. Letak baterai ditempatkan di dalam bodi alumunium yang ringan. Motor ini unggul dalam pengereman dan posisi duduk yang nyaman.

7. Audi EB1
Audi EB1 adalah motor listrik dengan zero emission, dengan listrik 42 kWh hasil tangan Juan Sebastián Orozco Herrera. Tenaga yang dihasilkan mencapai 56 hp dengan baterai berdaya 48 volt, 22ah lithium. Suspensi belakang motor menggunakan tipe monoshock dan tampilan OLED pada layar instrumen.

8. Voltra Electric Motorcycle Concept
Motor listrik dengan posisi engine mounted yang presisi, sehingga minim getaran. Posisi kursi pengemudi dan penumpang didesain dengan komposisi yang sesuai. Desainer motor ini adalah Dan Anderson

9. Abarth NGR
Rob Thornham membuat tampilan motor listrik ini sama cepatnya dengan motor superbike konvensional. Penggunaan material motor sangat ringan, dengan teknologi terbaik serta bodi yang aerodinamis.


10. Shavit electric sport motorcycle
Salah satu keunikan motor listrik karya Eyal Melnick ini adalah pada posisi duduknya yang begitu merunduk. Motor ini dirancang sangat detail mulai dari posisi pijakan kaki dan tuas kemudi yang dapat disesuaikan.